Kamis, 11 April 2013

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo adalah sebuah wahana wisata kebun binatang yang berlokasi di Batu, yaitu berada di sisi sebelah kanan kawasan Jatim Park 2. Wisata ini mempunyai luas 14 hektar dan diresmikan pada Juni 2010 oleh Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Batu Secret Zoo merupakan bagian dari Jatim Park 2, setelah Pohon Inn dan Museum Satwa. Batu Secret Zoo menawarkan konsep kebun binatang modern yang lengkap dan atraktif, seperti flying lemur, aquarium, flamengo, gajah, hippo croc garden, eagle, safari farm, gorila, beruang, dan tiger land. Selain itu, terdapat pula Fantasy Land yang memiliki 20 wahana menarik serta Kidzone yang menyediakan berbagai permainan khusus anak. Kebun binatang ini merupakan kebun binatang  modern yang ada di Indonesia. Batu Secret Zoo sekaligus menyediakan ruang-ruang publik untuk rekreasi bagi para pengunjung. Di sini bukan hanya sekedar kebun binatang biasa saja tetapi sesuai dengan motto yang disampaikan adalah “pembelajaran satwa dan rekreasi”.
Loket pembelian tiket masuk menyerupai akar pohon dan menjadi satu bersambung dengan gedung tinggi menyerupai pohon yang dijadikan Hotel Pohon Inn. Bangunan merah di sebelahnya adalah Batu Zoo Secret. Hanya dengan membayar Rp 55.000 untuk hari Senin–Kamis dan Rp 65.000 untuk hari Jum’at–Minggu, sudah bisa menjumpai bermacam koleksi hewan dari seluruh belahan dunia di sini. Yang pasti, semua koleksi hewan ini ditempatkan sesuai dengan habitat aslinya.
Untuk menjelajahi Aquarium, Savanah, Hippo & Crocs Garden, Tiger Land, Istana Semut, River Adventure di Secret Zoo pengunjung tidak perlu khawatir ada bagian yang terlewat karena tinggal mengikuti petunjuk yang ada. Pengunjung juga bisa menyewa e-bike dengan tarif cukup dengan Rp 100 ribu per orang, pengunjung dapat berkeliling santai selama tiga jam. Atau beristirahat sejenak di CafĂ© Rimba maupun di Pasar Afrika bila ingin mengumpulkan tenaga. Berfoto bersama si Kingkong raksasa di tengah taman atau berkeliling dengan kuda juga banyak diminati pengunjung. Yang membawa anak kecil dapat bersantai dulu sambil mengajak anak bermain di wahana Fantasy Land dan Swimming Pool.
Saat menyusuri jalan masuk pengunjung akan disambut dengan aneka jenis kera lucu di wahana Flying Lemur. Di sini pengunjung akan menyaksikan berbagai satwa seperti tikus raksasa berasal dari Amerika Selatan. Makin ke dalam koleksinya semakin unik seperti marmoset, si monyet kerdil, yang bertampang unik atau lemur yang memiliki ruang kelas. Ada juga burung unta dan di seberang kandangnya sekawanan Alpaka dengan postur badan mirip unta namun dipenuhi bulu mirip domba. Kandangnya bersih dan ditata rapih dan menarik, menumbuhkan pengunjung untuk ingin melihat koleksi fauna lainnya. Di setiap kandang satwa dilengkapi dengan informasi nama-nama binatang yang ditulis dalam bahasa Latin dan tingkat kepunahannya. Hal itu akan membuat wawasan fauna pengunjung bertambah. Pihak pengelola juga memfasilitasi kepada setiap pengunjung alat peraga untuk menghafal binatang-binatang yang dilihat.
Berbagai satwa yang menghuni di tempat ini sangat berbeda dengan kebun binatang umumnya di Indonesia. Binatang unik seperti penyu raksasa dari Amerika, iguana besar, burung flamingo orange,  binatang-binatang reptil, binatang berasal dari Afrika dan gurun pasir ada di tempat ini. Bermacam-macam jenis singa dan macan ditempatkan di kandang berlapis kaca dan ditata bersebelahan dengan restoran sehingga pengunjung bisa bersantap siang sambil melihat singa juga. Jalan setapak akan mengarah ke lantai bawah untuk melihat Aquarium. Banyak biodata laut bisa dipelajari di Aquarium ini, seperti kodok, aneka macam jenis ikan laut dan tawar, berbagai macam kura-kura, lobster, terumbu karang dan biodata laut lainnya.
Binatang kupu-kupu juga sangat banyak ragamnya, seperti Ornithoptera (Kupu Sayap Burung), Troides (Kupu Raja), Moth (Kupu Malam), Morphidae (Kupu Kristal), Nymphalidae (Kupu Semak), dan lain-lain. Belum lagi keluarga belalang, seperti Belalang Anggrek yang bentuknya sangat mirip dengan anggrek atau Belalang Tongkat yang bentuk badannya yang seperti ranting tanaman. Di sini kita juga sesekali diajak berinteraksi dengan mereka. Pengunjung juga dapat bermain air di kolam renang yang tersedia, lengkap dengan aneka seluncuran. Memberi makan puluhan burung parkit di arena Feeding Bird dan melihat atraksi harimau putih di arena mancing harimau juga menjadi pilihan tak kalah menarik. Cukup dengan membayar Rp 10.000, pengunjung bisa memancing di atas kaca arclyric dengan umpan daging segar. Dari atas kita bisa melihat tingkah harimau ketika menangkap umpan. Juga masih ada koleksi binatang lainnya di Reptile Garden.
Menuju ke arah wahana Afrika, ada Savannah yang berbentuk terowongan berdinding kaca, sebuah tanah padang yang dihuni oleh binatang-bintang besar yang hidup di alam bebas. Di sini kita dapat menyaksikan ekosistem hewan-hewan Afrika, seperti Giant Sable Antelope, Scimitar-Horned oryx, atau Zebra. Selain itu, juga terdapat berbagai binatang berukuran kecil seperti meerkat, marmot, kelinci dan sebagainya. Burung-burung berparuh besar berterbangan di atas kepala pengunjung. Burung ini tak akan lepas terbang jauh karena berada dalam koridor bird-nets yang cukup kuat. Tapi, yang paling menarik perhatian adalah Burung Merak Putih yang merupakan hewan langka. Tak hanya itu saja, kuda zebra dan burung unta menjadi penghuni Savannah ini yang didesain seperti di pedalaman Afrika. Di kebun binatang ini, terdapat juga singa putih pertama di Indonesia. Pengunjung pun bisa memberi makan harimau tersebut.
Pengunjung juga bisa menyaksikan Rumah Elang dengan dipandu petugas. Anda bisa berjalan sambil melihat berbagai jenis elang dengan berbagai jenis spesies dan status konservasinya. Atau pengunjung bisa menyaksikan kehidupan kuda nil dan pada jam tertentu pengunjung bisa memberi makan kuda nil tersebut. Selain itu, melihat aktivitas buaya secara langsung dari atas jembatan, pasti akan menjadi sensasi tersendiri. Buat penggemar harimau, Tiger Land  bisa menjadi tempat favorit. Di sini pengunjung bisa menyaksikan berbagai spesies dan tingkah laku hewan berbulu indah ini.
Untuk memuaskan pengunjung bisa juga untuk mencoba wahana permainan yang terdapat di Batu Secret Zoo. Wahana yang sayang untuk dilewatkan itu di antaranya adalah River Adventure yaitu naik perahu mesin menyusuri sungai sambil melihat orang utan yang tinggal di sekitar sungai. Atau Giant Wheel yang merupakan kincir raksasa terbesar kedua di Indonesia setelah di Jakarta. Untuk wahana yang satu ini cukup seru dan menegangkan, karena pengunjung bisa melihat suasana Kota Batu dan kebun binatang dari atas. Dan masih banyak wahana seru lainnya, seperti wahana air Log Flume, Feeding Birds, dan Fantasy Land yang wajib untuk dicoba. Untuk menggunakan wahana permainan ini, pengunjung harus membayar lagi sesuai dengan jenis permainan yang dipilih.
Menyusuri kebun binatang dari awal hingga sampai di ruang rekreasi cukup melelahkan bagi para pengunjung. Sejumlah food court sudah menanti pengunjung, jika Anda membutuhkan makanan dan minuman sambil beristirahat sejenak. Harganya rata-rata Rp. 15.000,- per menu. Dari kebun binatang ini proses pembelajaran satwa bisa dilakukan dengan efektif, bila pengunjung terlebih dahulu memasang target untuk melihat kebun binatangnya. Sedangkan yang sifatnya rekreasi, sebaiknya datang pada kunjungan kedua. Kalau tidak diatur seperti ini, pembelajaran buat anak-anak akan sia-sia.
Wahana di Batu Secret Zoo:
  • Reptile Garden
  • Aquarium
  • Tiger Land
  • Mancing Harimau
  • Giant Wheel
  • Log Flume
  • Savannah
  • Kapal Nabi Nuh
  • River Adventure
  • Swimming Pool
  • Fantasy Land
  • Fun House
  • Animal Bumper Car
  • Screen House
  • Flying Dumbo
  • Soccer Land
  • Beach Boat
  • Octopus
  • Horor House
  • Junior Farm
  • Animal Coaster
  • Shark Coaster
  • Baske
  • Camel Ride
  • Anjing Laut
  • Adventure Land
  • Jelajah 5 Benua
  • New Safari Farm
Tiket Batu Secret Zoo :
Hari Senin-Kamis (weekday) : Rp 55.000,-
Hari Jumat-Minggu (weekend), Tanggal Merah & High Season : Rp 65.000,-
Tiket Terusan Jawa Timur Park 2 (Batu Secret Zoo dan Museum Satwa):
Hari Senin-Kamis (weekday) : Rp 60.000,-
Hari Jumat-Minggu (weekend), Tanggal Merah & High Season : Rp.75.000,-
Tiket Terusan Jawa Timur Park 2 – Eco Green Park :
Hari Senin-Kamis (weekday) : Rp 80.000,-
Hari Jumat-Minggu (weekend), Tanggal Merah & High Season : Rp 100.000,-
Tiket Terusan Jawa Timur Park 1 & Jawa Timur Park 2 :
Hari Senin-Kamis (weekday) : Rp 100.000,-
Hari Jumat-Minggu (weekend), Tanggal Merah & High Season : Rp 120.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar